Kamis, 15 Agustus 2013

Arti Lambang BRAGA


Arti Lambang BRAGA
-          Segi 8 melambangkan 8 watak kepemimpinan, yaitu:
1.       Bumi, wataknya adalah ajeg. Sifatnya yang tegas, dan apa adanya. Bumi menawarkan kesejahteraan bagi seluruh mahluk hidup yang ada di atasnya. Tidak pandang bulu, tidak pilih kasih dan tidak membeda-bedakan.
2.       Matahari selalu member penerangan (di kala siang), kehangatan, serta energy yang merata di seluruh pelosok bumi. Energy dari cahaya matahari juga merupakan msumber energy dari seluruh kehidupan di muka bumi. Pemimpin juga harus member semanga, membangkitkan motivasi dan kemanfaatan pengetahuan bagi orang-orang yang dipimpinnya.
3.       Bulan mungkin lebih berguna daripada matahari. Karena disbanding matahari, bulan member penerangan saat gelap dengan cahaya yang sejuk dan tidak menyilaukan. Pemimpin yang berwatak bulan, member kesempatan dikala gelap, member kehangatan di kala susah, member solusi disaat ada masalah, dan menjadi penengah di tengah konflik.
4.       Bintang adalah penunjuk arah yang indah, seorang pemimpin harus berwatak bintang, dalam artian harus mampu menjadi panutan dan menjadi petunjuk bagi orang yang di pimpinnya. Pendirian yang teguh karena tidak pernah berpindah bias menjadi pedoman arah dalam melangkah.
5.       Api bersifat membakar. Artinya seorang pemimpin harus bias membakar jika diperlukan. Jika terdapat risiko yang mungkin bias merusak organisasi, kemampuan untuk merusak danmenghancurkan risiko tersebut sangat membantu untuk kelangsungan organisasi.
6.       Angin adalah udara yang bergerak (ya iya lah, anak SD juga tahu). Maksudnya kalo udara itu ada di mana saja. Dan angin itu ringan bergerak krmana aja. Jadi pemimpin itu, meskipun mungkin kehadiran pemimpin itu tidak disadari, namun ada dimanapun dia di butuhkan. Pemimpin juga tak pernah lelah bergerak dalam mengawasi orang yang dipimpinnya. Memastikan baik-baik saja dan tidak hanya mengandalkan laporan yang bias saja di rekayasa.
7.       Laut atau samudra yang lapang, luas, menjadi muara dari banyak aliran sungai. Artinya seorang pemimpin mesti bersifat lapang dada dalam menerima banyak masalah dari anak buah. Menyikapi keanekaragaman anak buah sebagai hal yang wajar dan menanggapi dengan kacamata dan hati yang bersih.
8.       Air mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah. Meskipun wadahnya berbeda-beda, air selalu mempunyai permukaan yang datar. Artinya, pemimpin harus berwatak air yang berprinsif  keadilan dansama rata, kesamaan derajat dan kedudukan, selain itu, sifat air adalah mensucikan, pemimpin harus bersih dan mampu membersihkan diri dan lingkungnnya dari hal yang kotor dan mengotori.
-                Warna merah unsure berani
-                Warna emas unsure keberhasilan
-                Warna hitam unsure keabadian
-                2 bendera yang dikibarkan dengan 1 tiang, melambangkan putra putri  yang satu tujuan
-                Sayap merah yang dimodifikasi, mengartikan agar bias terbang tinggi mengukir prestasi dimana-mana
-                Bintang emas melambangkan BRAGA selalu bersinar selamanya.

0 komentar:

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com