Berlatih, Berlatih, Dan Terus Berlatih Untuk Mencapai Kesuksesan

Minggu, 23 Juni 2013

Contoh Dakwah Tentang Ikhlas


Bismillahirrahmanirrahim
Assalamu’alaikum wr. wb.

Hadirin rahomakumullah,
                Ikhlas adalah perasaan di dalam hati yang tulus dan tidak mengharapkan imbalan apapun dari orang lain. Dalam melakukan segala amal dan perbuatan, hal paling utama yang harus ada adalah perasaan ikhlas di dalam hati. Rasulullah saw. Bersabda “ikhlas itu adalah ruhnya segala amal perbuatan”. Jadi, apabila kita melakukan perbuatan dengan di dasari rasa ikhlas , maka insya allah kita akan memetik hasilnya di alam akhirat nanti, namun apabila sebaliknya kita melakukan amal perbuatan atau suatu pekerjaan tanpa didasari dengan rasa ikhlas, maka tiada lain nilainya hasil pekerjaan itu adalah nol atau tidak mendapat balasan sedikitpun dari allah swt.
Hadirin,
                Salah satu cintoh perbuatan ikhlas yaitu, kita bersedekah tanpa mengharapkan pujian dan imbalan apapun dari orang lain dan hanya mengharapkan ridho dan karunia dari allah swt., maka insya allah kita akan menikmati dan memetik hasilnya dialam akhirat nanti. Namun apabila sebaliknya kita bersedekah bukanlah untuk mengharapkan ridha dari allah swt., melainkan menginginkan dan mengharapkan oujian dari orang lain, maka dia akan tidak akan mendapatkan balasan apapun dari allah swt., pahala dari perbuatan tersebut nilainya adalah nol, pahala dari pekerjaan yang dilakukannya itu hanyalah sebuah pujian dari seseorang.
                Pasha, seorang vocalis band ungu telah bernyanyi dalam albumnya
sesungguhnya, manusia tak kan bisa meniknati surga
 Tanpa ikhlas di hatinya
sesungguhnya, manusia tak kan bias menyentuh nikmatnya
tanpa tulus di hatinya
Udah lah nyanyi nya , hadirin takut ketagihan. Hehe
                Dari untaian syair tersebut, sudah jelas bahwa kita, manusia, tidak akan bias menikmati indahnya surge tanpa ada rasa ikhlas di dalam hatinya ketika mengerjakan suatu pekerjaan.
Bila kita melakukan amal atau pekerjaan tanpa di dasari dengan rasa ikhlas di dalam hati kita maka kita tidak akan mendapatkan pahala sedikitpun dari allah swt. Dan apabila kita tidak mendapatkan pahala dari allah, maka otomatis kita tidak akan bisa menyentuh dan merasakan nikmatnya surge.
                “sesungguhnya manusia tak kan bisa menyentuh nikmatnya tanpa tulus dihatinya”
Jelaslah, apabila kita melakukan pekerjaan tanpa didasari dengan rasa tulus di dalam hati, maka kita tidak akan menyantuh nikmat allah swt. Yaitu nikmatnya surge.
                Jadi inti dari perkataan-perkataan saya tadi yaitu kita harus ikhlas dalam mengerjakan amal apapun, karena ikhlas merupakan kunci diterimanya segala amal dan perbuatan yang kita lakukan.
Hadirin yang terhormat,
                Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan pada saat ini, semoga ada manfaatnya bagi saya khususnya, umumnya bagi semuanya yang mendengarkan. Dan saya mohon maaf yang sebesar besarnya apabila ada kesalahan dan kekurangan di dalam ucapan. Billahi taufik wal hidayah, wassalamu’alaikum wr.wb.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Copyright © Aef Saepul Milah ℠

Sponsored By: Gratis Designed By: Habib Blog